15 Tempat Wisata Yogyakarta yang Terkenal Hingga Mancanegara

Yogyakarta adalah salah satu kota wisata paling terkenal di Indonesia. Kota ini terkenal juga dengan kampus-kampus megahnya yang juga dijuluki sebagai kota pendidikan. Selain itu, hal yang menarik wisatawan dunia untuk datang kesini adalah karena masih kentalnya budaya Jawa di kota ini. Kota ini merupakan salah satu kota istimewa di Indonesia karena dipimpin oleh seorang sultan yaitu Hamengkubuwono sejak tahun 1700an.

Mungkin ketika kita berlibur ke Yogyakarta, kita bisa bertemu dengan para turis mancanegara yang berlalu lalang. Mereka begitu mengaggumi budaya kental jawa yang masih begitu melekat di yogyakarta khususnya di wilayah kota dan wilayah isatana kesultanan. Seperti yang dilansir lonely planet yang merupakan situs travelling populer di dunia, Berikut kami sajikan 15 Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga ke mancanegara.

1. Bersantai di Pantai Indrayanti

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Yogyakarta memiliki pantai-pantai yang indah dan mempesona. Karena di sisi selatan kota membentang garis pantai yang panjang. Salah satu pantai terbaik disini adalah pantai Indrayanti.
Pantai ini memiliki pasir emas yang bersih dan juga matahari bersinar hampir sepanjang hari. Sangat menyegarkan jika anda mencoba berenang di pantai ini. Di pantai ini juga terdapat bukit untuk melihat pemandangan pantai Indrayanti dan birunya Samudra Hindia dari atas ketinggian.

Jika anda lapar atau haus, anda bisa mampir ke berbagai kafe dan kios kecil yang didirikan di sepanjang garis pantai di mana Anda bisa mendapatkan beberapa masakan mie sederhana serta minuman dingin dan kelapa.Terkadang kita bisa melihat bule-bule disini.

2. Mengunjungi Museum Sono-Budoyo

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Yogyakarta adalah kota yang memiliki beberapa museum, dan salah satu yang terbaik adalah Museum Sono-Budoyo yang memiliki koleksi seni Jawa. Jika Anda ingin mengetahui seni asli Jawa; Anda bisa mengunjungi museum yang berisi boneka, topeng, persenjataan, dan tekstil khas Jawa. Museum ini memiliki halaman yang berarsitektur Hindu, dimana Anda bisa menemukan beberapa ukiran dan patung hiasan di pelataran museum.Anda juga bisa menyaksikan pertunjukkan wayang yang di museum ini.

Wisatawan mancanegara yang berkunjung di yogyakarta umumnya ingin mempelajari budaya yang ada di Jawa. Bagi mereka budaya Jawa termasuk budaya yang unik dan mempunyai nilai seni yang tinggi. Jadi wajar saja, jika anda akan bertemu bule-bule di museum dan tempat-tempat budaya lainya.

3. Menjelajahi Kraton Yogyakarta

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Wisatawan mancanegara pada umumnya ingin belajar ketika berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu yang menjadi tujuan mereka adalah Kraton Yogyakarta. Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat mungkin adalah daya tarik paling terkenal di Yogyakarta dan merupakan nama lain untuk Istana Kerajaan. Sultan dan keluarganya masih tinggal di sini. Anda bisa mengunjungi Museum Kraton, di mana Anda bisa belajar banyak tentang keluarga kerajaan. dan juga mendapatkan wawasan tentang seni dan budaya tradisional Jawa. Anda bisa menyaksikan acara budaya di sini setiap pagi yang dilaksanakan sekitar jam 09.00.

4. Arung Jeram di Sungai Progo

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Sebenarnya wisata ini berada di Kota Magelang, namun kebanyakan wisatawan luar wilayah maupun mancanegara menyebutnya di Yogyakarta karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota. Anda bisa kesana dengan menaiki beberapa transportasi seperti bus maupun ojek online. Tempat ini merupakan tempat yang bagus untuk berolahraga arum jeram. Sambil menikmati suasana sungai progo yang bening dan agak sedikit kecoklatan. anda juga bisa menikmati flora dan fauna yang hidup berdampingan di sepanjang area sungai.


5. Kunjungi Pasar burung

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Salah satu atraksi yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Pasar Pasty yang merupakan pasar burung lokal. Burung adalah bisnis besar di Indonesia dan banyak orang menjadikannya hewan peliharaan atau dikonteskan dalam kompetisi, dan salah satu sumber utama burung adalah Pasar Pasty.Terletak di daerah Prawirotaman di sebelah selatan pusat kota Yogyakarta, Pasar ini memiliki berbagai koleksi burung seperti: burung merpati, burung hantu, burung gagak, dan sejumlah spesies lainnya. Bagi wisatawan luar negeri mungkin tempat ini lebih seperti Bird Park yang beraneka ragam.

6. Mencoba Gudeg

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Yogyakarta merupakan sebuah kota kuliner dimana anda bisa menemukan berbagai makanan lezat disni. Salah satu kuliner yang populer adalah Gudeg. Pada dasarnya gudeg terdiri dari nangka yang direbus dengan santan hingga menyerupai seperti kari.Biasanya gudeg disajikan dengan nasi dan tidak boleh anda lewatkan jika Anda berada di kota ini, dan beberapa tempat yang paling terkenal untuk makan gudeg antara lain Bale Raos, Ibu Ageng, dan Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan.

Jika Anda ingin mencoba berbagai macam makanan khas dari Yogyakarta, Anda juga bisa mengikuti tur makanan dan ini menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa perusahaan yang dapat dipilih.

7. Kunjungi binatang di Gembira Loka Zoo

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Jika ingin melihat beberapa flora dan fauna di Yogyakarta maka kunjungan ke Kebun Binatang Gembira Loka.Kebun binatang ini terletak di sebelah selatan kota, dan Anda akan menemukan sejumlah besar reptil dan burung di sini. Anda juga bisa mempelajari spesies asli Indonesia.

Kebun binatang memiliki suasana yang nyaman dan tenang. Anda bisa berjalan-jalan dan menikmati berbagai wahana disini.

8. Bergabunglah dengan sebuah lokakarya

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Yogyakarta dikenal sebagai ibukota seni dan kerajinan tangan Indonesia dan jika Anda ingin mempelajarinya, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mendaftar ke sebuah kursus kerajinan tangan. dan disini banyak wisatawan luar negeri yang juga ikut belajar dalam membuat kerajinan tangan khas Yogyakarta

Anda bisa mengunjungi salah satu sentra pengrajin kulit. Dimana Anda akan diajarkan bagaimana cara membuat barang seperti dompet dari kulit, atau Anda bisa mempelajari teknik tekstil paling terkenal di Indonesia  yaitu 'batik'. Batik asli sendiri merupakan sebuah lukisan pada kain yang menggunakan lilin.Tempat terbaik untuk mendaftar ke kursus batik ada di lingkungan sekitar Kraton.

9. Jelajahi Pantai Wediombo

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Pantai Wediombo berarti Pantai Pasir Lebar Pantai ini memiliki pasir emas yang lembut yang membentang sejauh bebapa meter di sepanjang garis pantai. Dan penduduk setempat banyak yang memancing ikan ditempat ini.Perairan di bagian Yogyakarta ini penuh dengan berbagai spesies ikan yang berbeda. Namun, yang paling mudah di temukan adalah ikan Panjo

Pantai ini juga memiliki bukit batu dan anda bisa mendaki tebing sambil menikmati pemandangan indah samudra hindia dari atas bukit. dan mungkin inilah yang menjadi daya tarik turis mancanegara yang berkunjung ke Pantai ini.

10. Berjalanlah di antara Pohon Beringin

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Pohon Beringin adalah salah satu tempat paling terkenal di Yogyakarta, dan kawasan ini diliputi oleh mitos dan legenda lokal. Situs ini, seperti namanya, terdiri dari dua pohon besar, dan legenda mengatakan bahwa jika Anda dapat berjalan di antara keduanya dengan mata tertutup maka keinginan Anda akan terwujud. kelihataya terdengar mudah, namun tidak banyak orang yang bisa melewati diantara kedua pohon beringin ini. Banyak wisatawan mancanegara yang penasaran dengan mitos ini. Apakah anda juga penasaran?

Entah Anda mempercayai ceritanya atau tidak, ada baiknya mencoba membuatnya di antara pepohonan dan ini adalah salah satu tempat quirkiest di kota.

11. Berjalan di sepanjang Jalan Malioboro

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Jalan Malioboro adalah jalan yang paling terkenal di Yogyakarta dan sangat disayangkan jika anda tidak berkunjung kesini saat di Yogyakarta. Jalan ini juga biasanya dikunjungi bersamaan dengan Pasar Beringharjo, dan sepanjang Jalan Malioboro. Disini Anda bisa berbelanja oleh-oleh unik khas kota togyakarta seperti pakaian, kain batik, perhiasan, sandal, dan seni dan kerajinan tradisional Jawa.

Di Malioboro anda dapat dengan mudah bertemu dengan bule-bule yang berlalu lalang disini. dan Jalanan ini bisa dibilang jalan yang tak pernah tidur. Dan Jika Anda merasa lapar, Anda juga bisa membeli berbagai makanan jalanan yang lezat di sepanjang jalan.

12. Jelajahi Museum Affandi

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Affandi adalah salah satu seniman paling terkenal dalam sejarah Indonesia.Pada kunjungan ke Yogyakarta, pecinta seni harus memastikan untuk mengunjungi Museum Affandi, yang sebenarnya adalah bekas dan studio artis. Museum ini terletak di sebelah timur pusat kota dan memiliki berbagai macam lukisan Affandi serta beberapa foto dari beliau. Karena museum ini dulunya adalah rumah pribadinya, Anda juga bisa menemukan berbagai koleksi pribadinya termasuk mobilnya yang berwarna Galant dari tahun 1967.

13. Mampir kafe lokal

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Tidak seperti kota-kota lain di Indonesia, Yogyakarta memiliki budaya kafe yang kuat dan Anda akan menemukan kedai kopi dan restoran unik di seantero kota. Salah satu daerah utama di kota ini untuk menemukan berbagai macam kafe adalah Jalan Prawirotaman. Dimana sebagian besar kios disini menyajikan berbagai makanan termasuk makanan ringan lokal maupun internasional. Indonesia dikenal oleh wisatawan mancanegara dengan kopinya. Jadi Anda akan menemukan berbagai bule yang nongkrong di beberapa kafe jalanan di Yogyakarta

14. Taman Sari

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Benteng ini terletak di sebelah barat daya Istana Kerajaan dan akan sangat megah pada masanya dan terdiri dari jaringan kolam, sungai, dan bangunan kerajaan untuk dinikmati oleh sultan dan keluarganya. Anda bisa bertemu dengan wisatawan mancanegara yang menghabiskan sore harinya berkeliaran di sekitar reruntuhan anggun yang berasal dari tahun 1700-an ini.

Dan mereka anda juga akan menemukan bule yang menyusuri terowongan bawah tanah yang juga tidak boleh anda lewatkan.

15. Kunjungi Museum Ullen Sentalu

Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara
Museum ini juga salah satu museum terbaik di Yogyakarta. Dimana, museum ini merupakan tempat yang tepat untuk belajar mengenai budaya Jawa. Museum ini merupakan tempat yang ideal untuk melihat yogyakarta tempo dulu. Anda bisa melihat berbagai foto kota Yogyakarta pada zaman dahulu Selain itu, disini anda bisa melihat beberapa koleksi yang ain seperti: batik kuno, lukisan kuno, dan bahkan manuskrip-manuskrip dan surat bersejarah.Anda bisa berkeliling museum ini dengan menyewa guide untuk mempelajari lebih jauh tentang Yogyakarta.

Dan itu adalah 15 Wisata Yogyakarta yang terkenal hingga ke mancanegara. Jangan kalah sama orang luar negeri yang belajar budaya kita. dan happy travelling.

Post a Comment

Previous Post Next Post